Memuat...

Abacus Blog

Tips: Cara Mengatasi Dampak dari Covid19 pada Bisnis F&B

abacuspos
/
December 8, 2020
/

Global pandemic, Covid-19, yang dimulai di awal tahun 2020 menyebabkan banyak sekali sektor-sektor bisnis yang terkena dampak dari virus ini. Salah satu sektor bisnis yang terpengaruh adalah industri makanan dan minuman.

 

Menurut The Jakarta post, F&B industri di berbagai kota di Indonesia terkena dampak paling keras dibandingkan dengan industri-industri lainnya. Dengan adanya anjuran dari pemerintah Indonesia supaya masyarakat melakukan Persyaratan Sosial Berskala Besar (PSBB), yaitu menjaga jarak dan tidak keluar rumah jika bukan urusan yang penting. Ini membuat banyak rakyat yang merasa lebih aman jika mengikuti anjuran tersebut. Hal ini dilakukan untuk memperlambat dan mengurangi penyebaran dari virus covid-19. 

 

Suatu perilaku kesaharian yang terpengaruh adalah pada saat membeli makan banyak orang yang lebih memilih untuk membungkus atau mengorder makanan menggunakan pemesanan secara online daripada makan langsung di tempat.

 

Perubahan aktfitas sehari-hari  ini membuat pemilik usaha di bidang industri makanan dan minuman mengalihkan metode pemesanan mereka dengan menggunakan pemesanan makanan dan minuman secara online atau pengambilan makanan dan minuman langsung ditempat. 

 

Hal yang pemilik usaha dapat lakukan untuk meningkatkan omset penjualan dan strategi bisnis supaya bisa berjalan lebih lancar di masa pandemic ini adalah sebagai berikut: 

 

Pemesanan secara online

 

Istilah pemesanan secara online sudah tidak asing lagi didengar, dan sudah terkenal di industri retail. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini industri makanan dan minuman juga sudah mulai menggunakan metode pemesanan secara online. Dengan adanya sistem online ordering, dapat mempermudah para pelanggan pada  saat memesan makanan dan minuman agar lebih praktis, dan gampang di akses dimana saja. 

 

Dengan online ordering pelanggan juga dapat memilih opsi untuk pesanan diantar secara langsung ke tujuan yang diminta atau bisa mengambil orderan langsung di tempat dengan waktu yang telah disesuaikan oleh pelanggan.  

 

Bukan hanya dari website, tetapi online ordering juga sudah banyak digunakan oleh restoran yang mempunyai aplikasi mobile sendiri. Cara ini mempermudah pelanggan dalam memesan. Alternatif lain adalah vendor-vendor tempat makan dan minuman dapat bergabung dengan aplikasi food delivery. 

Self-ordering Kiosk

 

Dengan kecanggihan teknologi yang semakin meningkat, banyak orang mulai menyadari bahwa efisiensi dan kenyamanan itu penting dalam suatu bisnis terutama di bidang servis. Oleh karena itu, adanya self-ordering kiosk sangat membantu dalam berbisnis. Dengan adanya mesin self-ordering kiosk, pelanggan dapat memesan secara langsung tanpa harus menunggu antrian panjang dan lama. Lebih utamanya pelanggan tidak perlu bergantung pada kasir. 

 

Mesin self-ordering kiosk juga membantu operasional kerja agar berjalan lebih cepat pada saat keadaan ramai yang susah dikendali oleh para karyawan. Dengan adanya teknologi ini, pelanggan pun dapat menikmati pesanan mereka lebih cepat dan mereka bisa lebih senang dan menikmati makanan dan minuman mereka. Dikarenakan servis yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka harus menunggu. Maka dari itu, teknologi ini dapat membantu untuk meningkatkan omset penjualan.

 

Karena masih belum banyak restoran yang menggunakan mesin self-ordering kiosk, ini memberikan peluang untuk menarik banyak pelanggan baru dan tentunya  memberi rasa ingin tahu untuk mencoba menggunakannya. Pelanggan-pelanggan baru tersebut juga tidak menutupi kemungkinan bahwa mereka akan menjadi pelanggan setia untuk bisnis anda.

 

Customer Database

 

Pemasaran terhadap produk maupun jasa bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya bisa dilakukan pemasaran melalui EDM, SMS, telpon, maupun social media. Oleh karena itu, penting bagi suatu bisnis untuk mempunyai database pelanggan baru maupun lama. Dengan menyimpan data dari pelanggan yang berupa nama, alamat email, nomer, dll, membuat setiap bisnis untuk mengetahui preferensi dan minat dari setiap pelanggan. 

 

Kemudian anda juga dapat memasarkan sesuatu yang berkaitan dengan segala promosi, maupun informasi terbaru yang sedang ditawarkan oleh bisnis kita. Maka dari itu, dengan menyimpan data pelanggan bisa dikatakan sebagai senjata yang ampuh dan sukses dalam berbisnis.

 

Selain dengan pemasaran, mengumpulkan database pelanggan dapat membantu dalam menganalisis peningkatan maupun penurunan dari suatu penjualan. Pada saat penurunan dalam penjualan terjadi, anda bisa dengan sigap dan cepat menentukan strategi yang tepat untuk dilakukan.

 

Adapun opsi lain yang dapat dilakukan oleh pemilik usaha dalam masa pandemic ini jika pelanggan memilih untuk makan di tempat yaitu dengan menggunakan,

 

QR Menu

Dampak dari pandemi ini membuat banyak restoran yang beralih dari menggunakan menu fisik menjadi QR menu. QR Menu dapat di scan dari perangkat mobile masing-masing pelanggan. Hal ini membuat pemesanan menjadi lebih praktis dan mengurangi kontak secara langsung. 

 

Ayo, bergabunglah dengan Abacus!

Semua hal ini dapat dilakukan jika sebuah bisnis dapat menemukan sistem kasir yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan Abacus, anda dapat menemukan semua yang dibahas di atas. Dimulai dari memesan secara online, QR menu, self-ordering kiosk, dan fitur lainnya. Jika anda tertarik, anda dapat menghubungi kami di sini atau email kami di sales@abacus.pos.id. Tim kami akan menghubungi anda dan bagaimana kami bisa membantu bisnis anda agar berjalan lebih lancar selama masa pandemic ini.

 

REFERENCES:

Post, T. (2020). Food & Beverage industry hit hardest by COVID-19: Report. Retrieved 21 October 2020, from https://www.thejakartapost.com/news/2020/03/27/food-beverage-industry-hit-hardest-by-covid-19-report.html

 

 

 

Hubungi Kami
Lakukan obrolan dengan salah satu perwakilan penjualan kami tentang apa yang bisa kami lakukan untuk Anda!
Hubungi Kami

Graha Kencana Blok CE
Jl. Perjuangan No.88
Kebun Jeruk, West Jakarta
Indonesia

Jln. Sunset Garden
Ruko Sunset Business District
Kav. SH-3
Bali, Indonesia

sales@abacuspos.co.id

support@abacuspos.co.id

Jam Kerja:
Sen - Jum, 09:00 - 16:00 WIB